DALAM BLOG INI MERUPAKAN BUAH PIKIRKU DAN HAL-HAL YANG MENARIK MENURUTKU, AKU POSTING KE DALAMNYA.
Kamis, 25 Juni 2009
Numerologi Cinta Khusus Wanita
Cara mainnya mudah, yang anda butuhkan hanyalah tanggal kelahiran anda saja dan tidak perlu bulan atau tahun kelahiran anda. Bila tanggal kelahiran anda merupakan angka tunggal maka itu bilangan anda. Tapi jika tanggal kelahiran anda adalah 10 atau lebih maka jumlahkan kedua angka tersebut untuk mendapatkan angka digit yang merupakan bilangan istimewa anda.
Angka kelahiran 1 (lahir pada tanggal 1,10,19 dan 28 bulan apa saja)
angka anda selalu dikaitkan dengan daya kreativitas yang kuat. Anda memiliki banyak vitalitas, semangat dan gairah tapi masih berupa bahan mentah. Gunakan untuk menarik atau mengkreasikan pria yang lebih baik untuk anda sendiri. Anda sangat memerlukan asmara dan jika anda kekurangan maka anda akan merasa tidak tahu harus berbuat apa. Anda butuh penyaluran untuk semangat anda. Jika anda tidak mendapatkan kepuasan cinta maka hobi anda bisa mendatangkan kepuasan untuk anda.
Bintang leo adalah orang yang ingin nda tarik ke dalam kehidupan anda. Karena banyak kesamaan antara anda berdua. Yang terpenting dalam asmara adalah semangat.
Angka kelahiran 2 (lahir pada tanggal 2,11,20 dan 29 bulan apa saja)
asmara adalah santapan jiwa bagi anda dan anda akan mati kelaparan jika tidak dicintai. Anda perlu berenang dalam lautan perasaan hangat karena anda sendiri hangat dan tulus. Anda mendambakan pengalaman-pengalaman emosional melebihi yang lainnya. Jika anda menemukan kekasih yang bisa memberi anda kecupan dan dekapan yang anda cari maka anda tidak akan meninggalkannya. Bagi anda, bercinta adalah masalah serius dan bukan sesuatu yang mudah berlalu dan dilupakan begitu saja.
Bintang cancer adalah orang yang perlu anda temukan kecuali dia mengingatkan anda pada orang tua anda. Karena anda akan panik karenanya. Yang terpenting dalam asmara adalah dekapan.
Angka kelahiran 3 (lahir pada tanggal 3,12,21 dan 30 bulan apa saja)
bagi anda, hidup adalah permainan dan anda bisa menarik banyak penggemar. Tidak peduli mereka akan menjadi kekasih anda atau tidak karena anda memiliki aturan moral yang tidak mudah dilanggar. Tapi semua keruwetan hidup dan hal-hal menyenangkan harus dijelajahi yang membuat hidup anda menjadi lebih bervariasi. Bagi anda, cinta dan seks adalah dua hal yang berbeda. Anda jatuh cinta dan seks adalah permainan.
Sagittarius adalah pasangan serasi anda. Karena mereka berada pada gelombang yang sama dengan anda, keyakinan yang sama dan segala sesuatu yang sama. Yang terpenting dalam hubungan asmara adalah kegembiraan.
Angka kelahiran 4 (lahir pada tanggal 4,13,22 dan 31 bulan apa saja)
yang anda cari bukanlah emosi yang hebat. Anda berpikir dengan kepala dan bukan dengan hati. Sebagian orang menyebut anda customer yang dingin tapi ini tidak sepenuhnya benar. Anda hanya sedikit kurang senang memperlihatkan hasrat anda. Lebih senang menyimpan segala sesuatu untuk diri sendiri. Dari semua angka kelahiran, andalah yang memiliki banyak teman daripada yang lainnya.
Aquarius adalah orang yang tepat bagi anda untuk membina hubungan. Sekali-kali atau sesering mungkin jalanlah berdua bersama agar semakin dekat dan lebih mesra. Yang terpenting dalam asmara anda adalah persahabatan.
Angka kelahiran 5 (lahir pada tanggal 5,14 dan 23 bulan apa saja)
cinta dan asmara bisa terasa begitu melelahkan bagi anda. Rasanya selalu saja ada pihak lain yang ikut campur dalam urusan cinta anda. Apakah itu pekerjaan, karier atau komitmen-komitmen dan appointment yang tidak putus-putusnya. Mendapatkan waktu luang untuk rileks dan menikmati hidup buka hal yang mudah untuk anda. Tidak ada solusi sederhana untuk masalah ini. Tapi jika anda bisa menemukan seseorang yang tahan mendengar telepon anda yang terus berdering dan diary anda tidak pernah tertutup, coba pertahankan karena harganya melebihi emas.
Gemini dan virgo adalah orang yang paling cocok untuk anda. Dengan kedua bintang ini, anda bisa cerita kenang-kenangan masa lalu hingga sedetil-detilnya. Yang terpenting dalam hubungan asmara anda adalah waktu.
Angka kelahiran 6 (lahir pada tanggal 6,15 dan 24 bulan apa saja)
bagi anda, asmara dan seks adalah dua hal yang berjalan bergandengan tangan. Anda merasa, yang satu tidak pernah bisa eksis tanpa yang lainnya. Anda termasuk angka yang paling membumi dan anda perlu kontak fisik dengan pasangan anda selama 24 jam dalam 7 hari. Anda menikmati kesenangan yang ditimbulkan dari melihat, merasakan dan menyentuh kekasih anda. Berapapun usia anda, anda sangat menyukai jalan-jalan di taman sambil gandengan tangan.
Taurus dan libra adalah orang yang harus anda cari. Mereka memiliki semangat yang membumi dan asmara yang anda sukai. Tua atau muda sama sekali tidak ada bedanya bagi anda karena anda tidak pernah menggubris apa pandangan atau yang dipikirkan orang lain terhadap anda. Yang terpenting dalam hubungan asmara anda adalah sentuhan.
Angka kelahiran 7 (lahir pada tanggal 7,16 dan 25 bulan apa saja)
anda termasuk dalam kelompok bilangan spiritual. Karena bagi anda, asmara adalah santapan jiwa. Anda perlu seseorang yang bisa mengajak anda ke dalam pesona spiritual tingkat tinggi. Yang anda perlukan lebih dari sekedar kelebihan fisik. Terkadang rasa simpatik anda kepada orang lain membuat anda jadi susah karena anda mudah sekali jatuh kasihan daripada angka lainnya. Anda sering mengalami kekecewaan dan kantong kosong.
Bintang pisces adalah pasangan serasi anda karena dia lebih mengenal diri anda daripada diri anda sendiri. Yang terpenting dalam hubungan asmara anda adalah semangat.
Angka kelahiran 8 (lahir pada tanggal 8,17 dan 26 bulan apa saja)
angka anda tidak mementingkan diri sendiri, penuh perhatian dan tenggang rasa untuk orang lain, pengasuh dan pemberi. Di urutan terakhir anda mendapatkan hal-hal yang baik. Anda hanya perlu bersabar saja sampai muncul orang yang tepat maka anda bisa membangun karir, bisnis dan kehidupan anda. Saat asmara akhirnya tiba maka anda menjadi orang yang paling bahagia.
Capricorn adalah pasangan serasi anda kecuali yang lahir pada 31 atau 4 atau 13. Jika bertemu pasangan yang seperti ini maka anda lebih suka menekuni karier daripada membina hubungan asmara. Yang terpenting dalam hubungan asmara anda adalah kebahagiaan.
Angka kelahiran 9 (lahir pada tanggal 9,18 dan 27 bulan apa saja)
suka atau tidak anda harus berburu. Tidak bisa hanya menunggu di dekat telepon atau duduk di depan pintu datang kekasih hati. Jika begitu caranya maka anda akan sendirian terus. Anda termasuk dalam unsur api dan angka yang aktif. Karena itu, duduk saja tidak akan ada gunanya. Keluar, bergaul dan berbaur dengan sebanyak mungkin orang. Anda perlu variasi bukan sesuatu yang bersifat rutin.
Aries dan scorpio bisa mengobarkan api asmara anda, mengisi pikiran anda dengan segala macam pengalaman baru. Yang terpenting dalam hubungan asmara anda adalah variasi.
Sekarang anda sudah tahu dan lebih memahami diri anda bukan? Kini saatnya meraih pria pujaan anda.
by : www.indoforum.org
Sabtu, 09 Mei 2009
INFO SAFETY RIDING
- Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu piranti-piranti (device) pada Sepeda Motor, yang akan kami jelaskan dengan menekankan bagaimana pentingnya berkendara dengan aman.
Penjelasaan fungsi dari kedua rem dan bagaimana cara mengoperasikannya.
- Tuas pada sisi kanan dari setang adalah tuas rem depan.
Tarik tuas untuk mengerem dengan rem depan.
Tarik dengan keempat jari. - Pedal di sisi depan pijakan kaki sisi kanan adalah pedal rem belakang.
Tekan pedal untuk mengerem dengan rem belakang.
Perhatikan kaki kanan untuk selalu stand by di atas pedal rem sehingga pengereman selalu siap dilakukan tiap saat bila sedang berkendara.
Penjelasan fungsi dari gas (throttle) dan bagaimana cara mengoperasikannya.
- Grip (pegangan) pada sisi kanan setang adalah grip gas (throttle).
Putar ke arah pengendara untuk menaikkan putaran mesin atau kecepatan Sepeda Motor.
Putar ke arah yang berlawanan untuk menurunkan putaran mesin atau kecepatan Sepeda motor.
Penjelasan fungsi dari kopling (clutch) dan bagaimana cara mengoperasikannya.
- Tuas pada pegangan tangan sebelah kiri adalah tuas kopling.
Saat tuas ditarik ke arah pegangan (grip), tenaga mesin saat itu tidak lagi diteruskan ke roda belakang.
Saat tuas dilepaskan , tenaga diteruskan kembali ke roda belakang.
Tuas kopling dioperasikan hanya pada saat menaikkan dan menurunkan perseneleng (gigi) saja.
Penjelasan fungsi dari pedal perseneleng dan bagaimana cara mengoperasikannya
- Untuk transmisi type rotari :
Pedal perseneleng terletak di pedal kaki sisi kiri.
Tekan pedal perseneleng bagian depan dengan menggunakan jari kaki dari posisi gigi netral ke posisi
gigi 1.
Untuk mengubah ke gigi 2, tutup gas (throttle) dan tekan kembali pedal perseneleng bagian depan.
Begitu seterusnya lakukan proses yang sama untuk masuk ke gigi 3 atau 4.
Untuk menurunkan gigi perseneleng, tekan pedal perseneleng bagian belakang dengan menggunakan tumit kaki (atau hak sepatu).
Sebagai salah satu fitur "Safety" pada Sepeda Motor Honda, maka tidak mungkin untuk memindahkan gigi perseneleng dari posisi top ke netral. Hal ini hanya mungkin untuk dilakukan apabila sepeda motor dalam kondisi berhenti. - Untuk transmisi type return :
Pedal perseneleng terletak di pedal kaki sisi kiri.
Pastikan anda menarik tuas kopling sebelum menekan pedal perseneleng.
Tekan pedal perseneleng dari posisi gigi netral ke posisi gigi 1.
Ungkit pedal perseneleng sekali dari posisi gigi 1 dengan jari kaki untuk memasukkan menjadi gigi 2.
Ulangi proses pengoperasian yang sama untuk tiap menaikkan posisi gigi, yaitu 3, 4.
Untuk menurunkan posisi gigi, tekan pedal perseneleng sekali untuk menurunkan 1 gigi dari gigi 4 menjadi 3, tekan sekali lagi untuk menurunkan dari gigi 3 menjadi 2, dst.
Untuk gigi Netral posisinya adalah diantara gigi 1 dan 2.
- Tuas pada sisi kanan dari setang adalah tuas rem depan.
- Selanjutnya lanjutkan dengan menghidupkan Sepeda Motor, Berikut instruksi yang harus dilakukan untuk langkah menghidupkan Sepeda Motor yang ditempatkan pada posisi Main Stand.
Putar kunci Sepeda Motor ke posisi "ON".
Pastikan Sepeda Motor berada pada posisi Netral.
- Posisi Netral ditandai dengan menyalanya Lampu Netral Hijau.
Operasikan Electric Starter atau Kick Starter untuk menghidupkan mesin.
- Berikutnya akan kami jelaskan bagaimana cara menjalankan dan menghentikan Sepeda Motor dengan terlebih dahulu melakukannya pada kondisi Sepeda Motor dalam keadaan di-Main Stand.
Untuk transmisi type rotari:
- Prosedur menjalankan dan mengoperasikan perseneleng pada Sepeda Motor.
Naiklah ke atas sepeda motor (dengan kondisi mesin hidup).
Tekan pedal perseneleng bagian depan dan masukkan ke posisi gigi 1.
Untuk menaikkan putaran mesin, putar grip gas (throttle) ke arah pengendara secara perlahan.
Saat putaran mesin sudah mencapai 2000 - 3000 rpm, lakukan prosedur memasukkan perseneleng ke posisi gigi 2.
Kembali naikkan kecepatan putaran mesin, kemudian lakukan prosedur memasukkan perseneleng ke posisi gigi 3.
Ulangi prosedur yang sama sampai posisi gigi 4.
- Prosedur menghentikan Sepeda Motor.
Putar grip gas dengan cepat ke arah yang berlawanan dengan pengendara dan secara perlahan lakukan proses pengereman dengan rem depan dan belakang secara bersamaan.
Setelah sepeda motor berhenti dengan sempurna, posisikan pada gigi netral.
Untuk transmisi type return :
- Prosedur menjalankan dan mengoperasikan perseneleng pada Sepeda Motor.
Naiklah ke atas sepeda motor (dalam kondisi mesin menyala).
Tarik tuas kopling dan posisikan perseneleng pada posisi gigi 1.
Saat grip gas diputar ke arah pengendara secara perlahan, lepaskan secara perlahan tuas kopling.
Untuk menaikkan putaran mesin, putar grip gas (throttle) ke arah pengendara secara perlahan.
Saat putaran mesin mencapai 2000 - 3000 rpm, dengan cepat kembalikan posisi grip gas, tarik tuas kopling, masukkan perseneleng ke posisi gigi 2 kemudian lepaskan tuas kopling.
Naikkan kembali kecepatan putaran mesin, dengan cepat kembalikan posisi grp gas, tarik tuas kopling, masukkan perseneleng ke posisi gigi 3 kemudian lepaskan tuas kopling.
Ulangi prosedur yang sama untuk selanjutnya sampai posisi gigi 4 dan 5. - Prosedur menghentikan Sepeda Motor.
Dengan cepat putar grip gas berlawanan arah dengan pengendara dan secara perlahan lakukan proses pengereman dengan rem depan dan belakang secara bersamaan.
Tarik tuas kopling dengan cepat tepat sesaat sebelum roda berhenti berputar.
Setelah sepeda motor berhenti dengan sempurna, posisikan pada gigi netral.
- Prosedur menjalankan dan mengoperasikan perseneleng pada Sepeda Motor.
- Setelah menghidupkan mesin Sepeda Motor dalam kondisi masih di-Main Stand, lakukan prosedur menjalankan sepeda motor, memindahkan posisi perseneleng dan menghentikan sepeda motor.
Berlatih mengendarai sepeda motor (memperdalam latihan dengan Sepeda Motor masih tetap dalam kondisi di-Main Stand).
- Ulang prosedur menjalankan sepeda motor, memindahkan posisi perseneleng dan menghentikan sepeda motor sampai dengan benar-benar bisa mengoperasikan gas, kopling dan rem secara benar, lembut dan meyakinkan.
- Grip gas harus diputar secara perlahan dan bertahap ke arah pengendara dan dikembalikan/diputar ke arah sebaliknya dengan cepat.
- Untuk mengubah posisi perseneleng, operasikan pedal perseneleng dengan baik.
- Rem dioperasikan secara perlahan dan bertahap dan hindari pengereman yang terlalu keras.
- Selanjutnya latihlah untuk menjalankan Sepeda Motor, mengubah gigi perseneleng dan menghentikan Sepeda Motor.
Bebaskan sepeda motor dari posisi main stand dan berlatihlah berkendara dengan sepeda motor.
- Berlatihlah untuk menjalankan sepeda motor dan menghentikannya pada pembatas yang sudah disiapkan pada jarak 30 - 50 cm dengan kondisi kaki kiri stand by di tanah.
- Latihan ini dilakukan berulang benar-benar dapat menghentikan sepeda motor tepat pada pembatas yang ditentukan dengan baik dan lembut.
Jarak sepeda motor ke pembatas diperpanjang secara bertahap menjadi 1 m, 3 m, dan 5 m.
Setelah jarak diperpanjang menjadi 10 m dan mesin sepeda motor dihidupkan, letakkan kedua kaki pada pedal saat sepeda motor melaju dan berlatih mengubah perseneleng ke posisi gigi 2.
- Latihan ini dilakukan secara berulang sampai benar-benar dapat melakukan prosedur memindahkan posisi perseneleng dengan lembut dan mengendarai sepeda motor sampai berhenti tepat pada pembatas dengan kondisi/cara yang stabil.
- Latihan menikung
Tempatkan 2 buah cone dengan jarak 3 meter satu sama lain di area dengan luas 10 m x 10 m dan berlatihlah menikung melalui Figur angka 8 (Figure Eight).
- Gunakan perseneleng gigi 2 untuk melakukan latihan menikung melalui Figur angka 8 ini.
- Jaga putaran mesin agar selalu konstan pada saat menikung, postur tubuh pada saat menikung agar selalu mengikuti sepeda motor (sedikit merebah).
- Saat menikung, arah pandangan mata selalu ke titik arah yang dituju.
Latihan seperti ini dilakukan secara berulang sampai benar-benar dapat melakukannya dengan lancar dan stabil.
-
Latihan untuk memperlancar kemampuan menikung.
Latihan ini dilakukan dengan menggunakan figur angka 8, kemudian berlatihlah menikung dengan cara membuka gas (throttle) secara perlahan dan bertahap sampai benar-benar dapat menguasai tekniknya.- Membuka gas pada saat masuk lintasan lurus akan membantu meningkatkan keseimbangan body sepeda motor.
- Berlatihlah untuk menutup gas secara cepat tepat saat akan memasuki tikungan dan menjaga keseimbangan antara gas dan rem sehingga dapat menikung dalam kondisi stabil.
Lakukan Keseluruhan Prosedur di atas secara bertahap dari 1 sampai dengan 7.
Kuasai benar-benar dengan baik dan mantap untuk masing-masing prosedur terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke prosedur berikutnya.
Jika anda memutuskan untuk berlatih ketujuh prosedur tersebut, lakukanlah dengan baik dan benar serta perhatikan tiap-tiap instruksi masing-masing prosedur, lengkapi diri dengan perlengkapan berkendara standar (jaket, helm, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu).
Selamat Berlatih…!!!
Rabu, 06 Mei 2009
HOSTING dan Domain murah.

saja! Lengkap dengan design profesional dan control panel untuk mengedit website kapan saja dan dimana saja!
Senin, 27 April 2009
Renungan Minggu ini
“ Penilaian Diri Yang Berlebihan“
( Efesus 4:2 )
Sebuah pesawat penumpang kecil sedang terbang di langit, sambil membawa seorang pendeta, anggota pramuka, dan seorang pimpinan pabrik komputer. Tiba-tiba mesin pesawat mati. Dengan panik parasut dibagikan kepada penumpang. Ketika pintu dibuka muncullah tiupan angin yang kencang. Disaat pesawat meluncur jatuh, para penumpang itu mengetahui bahwa parasut kurang satu.
Kata Pilot : “ Saya harus menggunakan parasut ini. Saya memiliki seorang istri dan tiga anak “. Maka ia segera mengambil sebuah parasut, mengenakannya dan terjun. Angin pun makin menderu, dan para penumpang saling berpandangan.
“ Saya juga membutuhkan parasut ini “, kata pimpinan pabrik komputer. “ Saya orang yang paling cerdas di dunia “. Dan ia pun segera merenggut, mengenakan pada bahunya dan melompat.
Tinggallah hanya Pendeta dan seorang anggota pramuka. Kata pendeta itu : “ Nak, ambillah parasut yang terakhir. Saya sudah tua dan sudah siap menjumpai Sang Pencipta; kamu masih muda dan masih memiliki masa depan “. Lalu kata pramuka itu dengan tersenyum : “ Tenang, pak Pendeta. Masih ada dua parasut untuk kita. Orang yang “paling cerdas di dunia” tadi menyambar dan mengenakan tas ransel pakaian saya “.
Selasa, 21 April 2009
Renungan
“ Mimpi “
( 2 Timotius 4:5 )
Pada hari itu ada seorang sinis yang berdiri di antara kerumunan tersebut yang tidak tahan lagi mendengar segala omong kosong tentang agama tersebut. Dia berteriak, “ Kenapa anda tidak duduk dan diam saja, orang tua. Anda hanyalah bermimpi. “
Tak berapa lama, orang skeptik ini merasa ada tarikan di lengan jaketnya. Dia menoleh ke bawah dan ternyata itu adalah gadis kecil ini. Anak itu menatapnya lekat-lekat dan berkata, “ Tuan, itu adalah ayah saya yang anda bicarakan. Anda mengatakan ayah saya seorang pemimpi ? Biar saya ceritakan kepada anda tentang ayah saya.
“ Ayah saya dulu seorang pemabuk dan malam-malam pulang ke rumah, dan memukuli ibu saya. Ibu menangis sepanjang malam. Dan Tuan, kami tidak memiliki pakaian bagus-bagus untuk dipakai karena ayah saya membelanjakan seluruh uangnya untuk Whiski. Kadang-kadang saya bahkan tidak memiliki sepatu untuk dikenakan ke sekolah. Tapi lihatlah sepatu dan baju ini ! Ayah saya mempunyai pekerjaan yang baik sekarang ! “.
Lalu sambil menujuk ke suatu arah, dia mengatakan, “ Apakah anda melihat seorang wanita yang tersenyum di
Kemudian suatu pukulan yang hebat. Anak itu berkata, “ Yesus telah merubah ayah saya. Yesus telah merubah rumah kami. Tuan, jika ayah saya sedang bermimpi, tolong jangan bangunkan dia ! “
Minggu, 05 April 2009
Artikel tentang Penyebab Kecelakaan Motor
1. Perpotongan Jalur Berbahaya (Junction Jeopardy)
Pembunuh nomor satu, tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dan berakibat serius, dapat terjadi pada siapa saja yg biasanya pengendara lain yg terlibat mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang, meskipun begitu pengendara motor bisa menghindari dgn defensive riding dan tetap awas.
Apa yg salah :
Pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tsb belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil tsb di sisi kanan, ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri.
Cara menghindar kesalahan :
- jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan, dahului dari kanan bila jelas2 perpotongan jalur tsb bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- masuki tiap perpotongan jalur dgn sebanyak mungkin penglihatan dan informasi, perhatikan posisi kendaraan dan lampu2 sen, tapi jangan menyimpulkan apa2. Nantikan yg tidak dinanti nanti.
- tanyakan pada diri sendiri "sudahkah saya terlihat?", pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu2 siapkan yg terburuk.
2. Tikungan yg Kacau (Cornering Chaos)
Jujur saja, tewas ditikungan adalah mati konyol, karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas utk itu. Tetap hidup, dlm kasus ini sangat sederhana, berkendaralah dgn keterbatasan anda. Status membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yg sudah lama tak bawa motor adalah yg terbanyak mendapatkan kecelakaan ini, yg mengejutkan adalah terjadi meski jalan tidak basah.
Apa yg salah :
Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan dan tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan lalu berada di garis tikung yg tdk tepat hingga terlalu dekat dgn jalur arah lawan dan gagal menikung dgn benar hingga panik (ada yg menurunkan gas dan mengerem) hingga ketika keluar tikungan motor malah lari jauh ke arah lawan hingga bertabrakan dgn kendaraan dari depannya.
Cara menghindar kesalahan :
- rem dan atur posisi gigi segera, atur kecepatan hingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan, perhatikan keadaan tikungan bila ada tanda2 marka jalan kemana arah tikungan tsb.
- masuki garis tikungan dgn penglihatan terbaik utk melewatinya - bukan garis tikungan balapan, dgn menyisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
- jika tiba2 tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), jangan panik, karena panik bisa membuat motor hilang kendali.
3. Mendahului yg Kebablasan (Overtaking Oblivion)
Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak ke tiga dlm kecelakan motor, meskipun si pengendara motor biasa dan bisa mendahului kendaraan yg melaju lebih lambat.
Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir kekanan dan berusaha mendahuluinya, ternyata didepan kendaraan tsb ada kendaraan lagi hingga si pengendara motor berusaha melewati keduanya, karena salah perhitungan dan salah atur jarak lalu keluar jalur masuki arah lawan dgn tak ada waktu dan jarak lagi utk pindah jalur hingga terjadilah tabrakan dgn kendaraan dari arah lawan.
Cara menghindar kesalahan :
- kunci mendahului adalah perencanaan yg matang, jangan gak sabaran, terburu2 atau agresif, posisikan diri anda dgn penglihatan terbaik kearah jalan didepan, pastikan posisi gigi yg pas utk menaikkan akselerasi.
- perhatikan jalan didepan dgn seksama, adakah hal2 yg berpotensi bahaya? jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!, karena sebentaran saja anda dapat lagi kesempatan utk mendahului.
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.
4. Pemilahan yg Rusak (Filtering F**k-Up)
Bisa memilah melaju melewati kendaran2 di jalanan yg ramai adalah praktis maju yg terbesar dalam mengendarai motor sekaligus berbahaya.
Apa yg salah :
Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur 2 atau 3 dgn estimasi kecepatan 45kpj lebih cepat dari kendaran lain disekitarnya yg akan didahului, tiba2 salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat didepannya hingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan.
Cara menghindar kesalahan :
- berkendaralah dgn kecepatan yg memungkinkan anda utk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15kpj dari kendaraan lain disekitar yg akan didahului.
- duduk tegak dan fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda2 yg berpotensi bahaya, awas terhadap lampu2 sen kendaraan lain, perempatan2, pejalan kaki yg nyebrang dll, sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.
5. Berkendara kelompok yg Berdukacita (Group Riding Grief)
Berkendara dgn teman2 bisa menyenangkan sekaligus dapat menimbulkan masalah. Berkendara kelompok tdk termasuk dlm catatan resmi kasus kecelakaan bermotor, tapi secara tetap tercatat sbg faktor penyumbang yg tidak bisa diabaikan. Porblem terbesar adalah si pengendara motor beresiko kecelakaan karena keinginan utk show off atau pamer kebisaanya bermotor didepan teman2nya. Berkendaralah dgn kenyamanan anda sendiri, jangan terpancing oleh ulah teman anda.
Apa yg salah :
4 motor atau lebih berkendara kelompok, dgn 3 motor di belakang sebuah kendaraan lain dan satu motor didepan kendaraan lain tsb sekalgus di belakang kendaraan lain, satu dari 3 motor dibelakang mencoba mendahului, tiba2 satu motor didepan tsb juga mendahului kendaraan didepannya tanpa memberi tanda dan tak melihat spion, motor yg dibelakangnya tak sempat menghindar hingga terjadi tabrakan.
Cara menghindar kesalahan :
- kecuali anda memiliki kepercayaan penuh terhdp teman2 kelompok berkendara di sekitar anda, tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yg banyak utk mereka, jangan coba2 menerka apa aksi dan manuver yg akan mereka lakukan.
- beri kejelasan terhadap teman2 kelompok berkendara di sekitar anda bila anda ingin bermanuver, menolehlah dan beri tanda2 yg jelas.
- ketika mendahului, pertimbangkan pula teman2 kelompok berkendara di sekitar yg dibelakang dgn memberi ruang gerak yg cukup. jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului anda dgn motor yg ada didepan.
6. Tragedi Putaran (Turn Tragedy)
Ada beberapa kecelakaan yg melibatkan kendaraan yg memutar di U-Turn dgn pengendara motor yg melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati.
Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba2, jangan percaya pada lampu sen yg diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur).
Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.
7. Tabrakan belakang (Rear-end Wreck)
Melaju kencang di belakang kendaraan lain sepertinya terdengar bodoh ya? bisa jadi, tapi mengejutkan, terhitung 10% kecelakan bermotor dalam 9 grup contoh kecelakaan fatal dan menurut status, pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain, juga menunjukan terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil.
Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn "pemandangan" yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yg menyala didepan atau tanda2 yg menyebabkan terjadinya kelambatan didepan.
Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka, sering2 lah tes rem mendadak dan kuat rem motor anda di empat yg sepi dan beraspal bagus utk mengetahui seberapa cepat motor anda berhenti, jangan berhenti mencoba pada tes pertama, terus lah mencoba, usahakan berangsur angsur hingga didapatkan perhentian yg maksimal.
Kesalahan dalam Percobaan (Error on Trial)
Kecelakaan tidak begitu saja terjadi, ada sebabnya. Kesalahan manusia menjadi faktor utama. Berlawanan dari opini populer yg ada, tak semua
kecelakaan disebabkan oleh pengemudi mobil, pengendara motorpun berbuat kesalahan. Dari Error on Trial yg dilakukan didapat data sbb :
Mobil
- gagal melihat dgn semestinya 18%
- gagal memutuskan10%
- kecerobohan 9%
- manuver yg buruk 8%
- kehilangan kendali 8%
Motor
- kehilangan kendali 14%
- gagal melihat dgn semestinya 14%
- gagal memutuskan10%
- manuver yg buruk 10%
- kecerobohan 9%
-------------------------------------------------------------
"7 Deadly Bins and How to Avoid them", ditulis oleh Dave Bradford, foto oleh Graeme Brown & ilustrasi oleh Huw Williams.
(ditranslate oleh bro Alvie - HTML)
Senin, 16 Maret 2009
Renungan
APAKAH GUBUKMU TERBAKAR ?
Allah turut bekerja dalam segala sesuatu, doa. (Yer 29:11)
Satu-satunya orang yang selamat dari kecelakaan sebuah kapal terdampar di pulau yang kecil dan tak berpenghuni pria ini segera berdoa supaya Tuhan menyelamatkan dan setiap hari dia mengamati langit mengharapkan pertolongan tetapi tidak ada sesuatupun yang datang. Dengan capainya, akhirnya dia berhasil membangun gubuk kecil dari kayu apung untuk melindungi dirinya dari cuaca, dan untuk menyimpan beberapa barang yang masih di punyai. Tetapi sesuatu hari, setelah dia pergi mencari makan, dia kembali ke gubuknya dan mendapati gubuk kecil itu terbakar, asapnya mengepul kelangit. Dan yang paling parah, hilanglah semuanya. Dia sedih dan marah. “Tuhan, teganya engkau melakukan ini kepadaku?” dia menangis. Pagi-pagi keesokan harinya, dia terbangun oleh suara kapal yang mendekati pulau itu. Kapal itu datang untuk menyelamatkannya. “Bagaiman kamu tahu bahwa aku tinggal disini?” Tanya pria itu kepada penyelamatnya. “Kami melihat tanda asap mu”, jawab mereka.
Mudah sekali untuk menyerah ketika keadaan menjadi buruk. Tetapi kita tidak boleh goyah, karena Tuhan bekerja didalam hidup kita, juga ketika kita dalam kesakitan dan kesusahan. Ingatlah, ketika gubukmu terbakar, mungkin itu “tanda asap” bagi kuasa Tuhan. Ketika ada kejadian negatif terjadi, kita harus berkata pada diri kita sendiri bahwa Tuhan pasti mempunyai jawaban yang positif untuk kejadian tersebut.
Kamu berkata,”Itu tidak mungkin”.
Tuhan berkata,” Tidak ada hal yang tidak mungkin”(Lukas 18:27)
Kamu berkata,”aku terlalu capai.”
Tuhan berkata,”Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.”(Matius 11”28
Kamu berkata, “tidak ada seorangpun yang mencintai aku.”
Tuhan berkata,” Aku mencintaimu.” (Yoh 3:16-Yoh 13:4)
Kamu berkata,” aku tidak bisa meneruskan.”
Tuhan berkata,” Kasih karunia Ku cukup.” (2 Kor 12:9-Maz 91:15)
Kamu berkata,” aku tidak mengerti.”
Tuhan berkata,” Aku akan menuntun langkah-langkahmu.” (Ams 3:5-6)
Kamu berkata,” aku tidak bisa melakukannya.”
Tuhan berkata,” kamu bisa melakukannya.” (Filipi 4:13)
Kamu berkata,” ini tidak berharga.”
Tuhan berkata,”Itu akan berharga.” (Roma 8:28)
Kamu berkata,” Aku tidak bisa memaafkan diriku sendiri.”
Tuhan berkata.” Aku memaafkan mu.” (1 Yoh 1:9-Roma 8:1)
Kamu berkata,” Aku tidak bisa mengatasi,”
Tuhan berkata,” Aku akan menyediakan kebutuhanmu.” (Filipi 4:19)
Kamu berkata,” Aku takut.”
Tuhan berkata,” Aku tidak memberikan kepadamu roh ketakutan.”(2 Timotius 1:7)
Kamu berkata,” aku selalu khawatir dan frustasi.”
Tuhan berkata,” serahkan segala kekhawatiranmu kepadaKu.” (1 Petrus 5:7)
Kamu berkata,” aku tidak mempunyai iman kuat.”
Tuhan berkata,” Aku memberi setiap orang iman menurut ukurannya.”(Rom 12:3)
Kamu berkata,” Aku tidak pandai.”
Tuhan berkata,” Aku memberikan kpadamu Hikmat.”(1 Kor 1:30)
Kamu bekata,” Aku merasa, aku sendirian.”
Tuhan berkata,” Aku tidak akan pernah meninggalkanmu atau membiarkanmu.” (Ibrani 13:5)