Minggu, 22 Juni 2008

Kilas EURO 2008

Rusia, Runner Up Ketiga yang ke Semifinal
( by : detiksport.com )




Status juara grup ternyata bukan jaminan bisa tampil dominan di fase knock out. Buktinya tiga tim yang sudah memastikan diri tampil di semifinal adalah mereka yang berstatus runner up.

Portugal dan Turki menjadi wakil dari Grup A, dengan seleccao tampil sebagai juara grup. Namun di perempatfinal, Cristiano Ronaldo cs takluk 3-2 dari Jerman, runner up Grup B.

Turki pun demikian. Terseok-seok di babak kualifikasi grup, tim Bintang Sabit ini malah memberi kejutan kepada Kroasia yang lebih difavoritkan untuk lolos. Turki melenggang ke semifinal usai memenangi drama adu penalti.

Tim ketiga yang berhasil mempecundangi tim berstatus juara grup adalah Rusia dengan Total Football yang lebih efektif ketimbang pemiliknya, Belanda.

Jika merujuk ke belakang, ke babak kualifikasi Euro 2008, fakta yang terlihat malah lebih ironis lagi. Selain Spanyol dan Italia, yang masih akan melakoni laga mereka, Minggu (22/6/2008) malam waktu Wina, hanya Kroasia yang menjadi satu-satunya juara grup yang bisa melenggang ke perempatfinal putaran final di Austria dan Swiss. Polandia (A), Yunani (C), Republik Ceko (C) dan Rumania (G) malah sudah tersingkir sejak di babak grup.

Tak pelak duel Italia kontra Spanyol, yang tak lain adalah juara grup D, di Ernst Happel bakal menjadi laga yang ditunggu, apakah Azzurri menjadikan partai semifinal menjadi milik para runner up, atau El Matador merusak momen tersebut.

Tidak ada komentar: