Rabu, 19 Maret 2008

Artikel Membuat Website

MEMBUAT WEB-SITE

Apa itu Website? Website yang juga disebut dengan Web atau Homepage adalah dokumen dalam Internet. Contoh Website:
http://www.nama-anda.com/,http://www.nama-anda.co.id/. Sedangkan contoh free Website
adalah: http://www.geocities.com/nama-anda. Contoh lain freeWebsite adalah: http://nama-anda.tripod.com.
Setelah Anda memiliki Website, Anda dapat menggunakan Webiste Anda untuk mempromosikan usaha Anda, professi Anda atau yang lain.

Selain itu, setelah Anda memiliki Website, Anda juga sudah dapat mengikuti Affiliate Program untuk mendapatkan uang dengan Website Anda. Untuk membuat Website gratis, daftarkanlah diri Anda ke salah satu Free Hosting di bawah ini:


FREE HOSTING:

  • Geocities

  • Tripod

  • Angelfire

  • Hypermart

  • Dan lain-lain

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT WEBSITE:


  1. Beli
    ruangan dengan nama domain yang Anda inginkan, atau daftarkan
    diri Anda ke salah satu Free Hosting di atas.


  2. Rancang Website Anda dengan FrontPage, CuteHTML atau yang lain.


  3. Promosikan usaha Anda dan ikuti Affiliate Program.


  4. Masukkan

    Website Anda ke dalam server Anda.


  5. Selesai!

Jika Anda ingin memiliki Website berakhiran .com - misalnya http://www.nama-anda.com, Anda bisa membelinya ke perusahaan Web Hosting yang ada di kota Anda, atau ke perusahaan Web Hosting yang ada di Internet. diantaranya http://www.medannic.com/ , http://www.gkg.net/ , http://www.namebargain.com/ http://www.namadomain.com/


Webhosting

Apa itu Web Hosting? Web Hosting yang juga disebut dengan Web Server adalah penyedia ruangan (space atau domain) dalam Internet.
Agar kita dapat memasukkan Website kita ke dalam Internet, maka kita harus memiliki ruangan terlebih dahulu dalam Internet. Setelah kita memiliki ruangan dalam Internet, barulah kita dapat memasukkan Website kita ke dalam Internet (ke dalam ruangan yang telah kita miliki tadi). Agar kita dapat memiliki ruangan, maka kita harus membelinya ke salah satu perusahaan Web Hosting, Anda bisa membelinya ke perusahaan Web Hosting yang ada di kota Anda atau ke perusahaan Web Hosting yang ada di Internet. Di Internet terdapat cukup banyak perusahaan Web Hosting, dan masing-masing Web Hosting memberikan harga yang bervariasi (tergantung fasilitas yang mereka sediakan), dan juga harganya tergantung kapasitas (besarnya) ruangan yang Anda inginkan. Semakin besar ruangan yang Anda inginkan, maka harganya akan semakin mahal. Selain itu harga juga tergantung nama domain yang Anda inginkan. Sebagai contoh, .com lebih mahal dibandingkan .net, .org. .co.id dan lain-lain. Dengan membeli ruangan, maka alamat Internet Anda akan seperti ini: http://www.nama-anda.com/, http://www.nama-anda.net/ atau yang lain. Langkah selanjutnya adalah merancang Website dengan FrontPage atau yang lain, kemudian memasukkannya ke dalam server Anda.

Selain membeli ruangan ke salah satu Web Server (Web Hosting), di Internet juga terdapat penyedia ruangan gratis (yang lazim dikenal dengan Free Hosting atau Free Website), misalnya Tripod, Geocities dan lain-lain. Tetapi dengan Tripod, maka alamat Internet kita tidak dapat seperti di atas, tetapi seperti ini:
http://nama-anda.tripod.com, dan jika Anda member Geocities maka alamat Internet Anda adalah sebagai berikut: http://www.gecocities.com/nama-anda.

Bagi pemula dengan sedikit keterampilan komputer dapat membuat homepage sendiri (secara offline) menggunakan tool-tool yang familiar dan cukup mudah digunakan seperti :
  • Microsoft Word 97

  • Microsoft FrontPage Express (disertakan dalam MS Internet Explorer 4 / Windows 98 [bukan 98SE])
  • Microsoft FrontPage
  • Netscape Composer (disertakan dalam Netscape Communicator 4.x)
  • Dreamweaver


Berikut ini cara membuat satu halaman web dengan ketiga tool di atas.

  1. Microsoft Word 97/2000/XP
    Membuat halaman web menggunakan MS Word 97 sangat mudah. Anda tinggal membuat suatu dokumen/tulisan seperti membuat file word biasa lalu pilih menu File--> Save as...-->
    pilih file type HTML (paling bawah) dan press OK. dan file anda akan tersimpan dengan ekstensi .html dan bisa dibuka dengan MS Internet Explorer atau Netscape Navigator.

    Cara lain dapat dilakukan dengan memilih menu File-->New lalu pilih tab Web Pages pada pop-up window yang muncul lalu pilih salah satu template yang tersedia. Jika memilih web page wizard Anda akan dituntun langkah demi langkah menciptakan halaman web yang profesional (dalam bahasa Inggris tentunya)

  2. Microsoft FrontPage Express
    Anda bisa memulai dengan memilih File-->New, bila keluar pop-up window, pilihlah salah satu tutorial yang tersedia, ikuti langkah demi langkah sampai selesai dan setelah selesai dapat anda edit sendiri dan disimpan dengan ekstensi .htm dan dapat dibaca dengan browser.

  3. Netscape Composer
    Penggunaannya mirip dengan FrontPage Express, namun memiliki keunggulan yaitu dengan sekali klik pada tombol preview, rancangan anda dapat langsung disaksikan dalam browser, dan dilengkapi dengan tool untuk upload ke server. Namun, tidak disediakan wizard/tutorial untuk pembuatan halaman web. Anda harus merancang sendiri dengan pendekatan desktop publishing. Jangan takut dengan karakter-karakter kontrol (tag) HTML yang dimunculkan, (berupa bentuk panah/trapesium), itu tidak akan terlihat di browser.

Sebelum mulai membuat halaman web sendiri kita perhatikan mengenai istilah hyperlink, yaitu properti yang mengaitkan suatu objek (gambar/tulisan) ke sumber daya internet seperti website lain (http), mail (mailto), atau FTP (ftp) yang biasanya terlihat di browser sebagai tulisan bergaris bawah berwarna biru dan bisa diklik. Hyperlink ini adalah komponen dasar suatu halaman web.

Cara membuat hyperlink :

  1. MS Word 97/2000/XP :
    Blok tulisan/gambar yang hendak dijadikan hyperlink, lalu klik tombol bergambar bola dunia biru atau tekan ctrl+K atau pilih menu Insert--> hyperlink,lalu isi alamat yang dituju (misal http://lawnosta.freeservers.com/ atau mailto:nyet@plasa.com)

  2. MS FrontPage Express
    Sama dengan di atas

  3. Netscape Composer
    Blok tulisan yang hendak dijadikan hyperlink, lalu klik tombol bergambar rantai atau tekan ctrl+shift+L atau pilih menu Insert--> link, lalu isi alamat yang dituju (misal http://lawnosta.freeservers.com/ atau mailto:nyet@plasa.com)

Tips dan Triks :

  • Selain tulisan, gambar juga bisa dijadikan hyperlink, caranya sama dengan di atas (kalo nggak salah)

  • Pakailah tabel untuk mempermudah layout, caranya sama dengan penggunaan table pada MS Word

  • Untuk mengubah background gunakan menu format --> background, lalu pilih antara warna (solid background) atau gambar (tiled background)

Membuat Homepage Sendiri dengan Menggunakan Microsoft Word 97

Microsoft Word 97 menyediakan fasilitas untuk membuat halaman web (selanjutnya disebut homepage) dengan mudah, terutama bagi mereka yang sudah menguasai aplikasi word processing, khususnya MS Word, namun malas atau mengalami kesulitan untuk mempelajari HTML (Hypertext Markup Language) sebagai komponen dasar perancangan homepage.

Cara termudah untuk membuat homepage dengan mempergunakan MS Word 97 adalah dengan merancang homepage layaknya dokumen tertulis biasa, atau lebih tepat dikatakan sebagai perancangan buletin / brosur mengenai diri kita lengkap dengan gambar (gunakan perintah insert --> picture --> ...from file, lalu cari nama file gambar yang akan dimasukkan) atau clipart (gunakan perintah insert --> clipart, lalu pilih gambar yang disukai dari clipart gallery yang tersedia). Setelah selesai, gunakan menu File --> Save as HTML, dan dokumen kita sudah tersimpan sebagai sebuah homepage dengan ekstensi .html yang bisa dibaca dengan menggunakan browser (Netscape/Internet Explorer).

Perancangan lebih lanjut adalah menggunakan komponen-komponen penyusun halaman web, yaitu :

  1. Hyperlink (atau biasa disingkat dengan link saja) : yang biasanya berbentuk teks berwarna biru dan bergaris bawah dan bisa diklik (pointer mouse akan berubah bentuk menjadi gambar tangan yang menunjuk. Dalam bentuk lain, hyperlink bisa juga berbentuk gambar atau image map (satu gambar dengan banyak link). Link ini dapat berupa link internal (menghubungkan dengan halaman lain dalam satu website) atau eksternal (menghubungkan dengan website lain). Membuat link dengan cara mengeblok teks yang akan dijadikan link lalu pilih menu insert --> hyperlink, lalu masukkan alamat URL (website lain) atau file lain yang dituju.

  2. Background : Dulu, halaman web hanya berbentuk teks dan link dengan latar belakang abu-abu. namun sekarang background suatu halaman web dapat disesuaikan dengan selera, berupa warna saja, atau gambar. Di MS Word 97, ubahlah background dengan menu format --> background, pilih warna yang disukai, atau fill effects untuk background gambar (disediakan bermacam-macam background (coba cari di C:\ProgramFiles\Microsoft Office\Office\Templates)

Setelah selesai membuat halaman web (homepage) sebanyak satu atau lebih halaman, tentunya kita ingin menampilkannya di internet untuk dapat diakses oleh orang yang mengakses internet (surfing). Untuk itu diperlukan yang namanya web server. Web server ini digunakan untuk menyimpan halaman web kita untuk diakses setiap saat. PC apapun bisa dijadikan web server (dengan program Personal Web Server dari Windows 98/FrontPage, misalnya) namun PC itu harus terkoneksi ke internet selama 24 jam sehari :(. Untuk itulah sebaiknya kita menggunakan web hosting, yaitu web server yang bisa digunakan oleh umum. Web Hosting ini ada yang gratis (misalnya FreeServers, GeoCities, Homestead, MSN Homepages, atau AcmeCity) dan ada yang bayar (misalnya IndoGlobal, Cakraweb, atau K-Net). Untuk pembahasan kali ini digunakan contoh FreeServers (http://www.freeservers.com/).

Untuk bisa menggunakan jasa web hosting gratis dari FreeServers, pertama-tama kita harus mendaftarkan diri dulu. Setelah mengakses homepage FreeServers (http://www.freeservers.com/), perhatikan bagian tengah di mana terdapat tiga prosedur awal untuk mendaftarkan diri.

Mula-mula, kita memilih primary name (nama situs web kita) dan mengisikannya di kotak yang tersedia, lalu memilih domain name yang tersedia dalam drop-down list (gunakan mouse untuk memilih
dari sekitar 10 pilihan). Nama situs kita nanti akan berbentuk : primaryname.domainname (misalnya : lawnosta.freeservers.com). Kemudian klik tombol GO untuk memeriksa ketersediaan nama situs kita (sudah dipakai atau belum).

Bila nama yang kita pilih sudah terdaftar atas nama orang lain, FreeServers akan menampilkan daftar nama alternatif yang mirip dengan yang kita pilih sebelumnya. Kita tinggal memilih salah satu, atau membuat nama yang baru.

Bila nama yang kita pilih belum pernah terdaftar di FreeServers, maka kita akan diminta mengisi form tentang identitas pribadi kita. Perhatikan bahwa hanya item isian bertanda * berwarna merah yang wajib diisi. Setelah selesai, kita akan dikirimi kode aktivasi account FreeServers kita ke alamat email yang kita isikan pada form pendaftaran. Kita harus membuka email berisi kode ini terlebih dahulu. Dalam email itu terdapat link yang mengantarkan kita ke tahap terakhir pendaftaran lengkap dengan kode aktivasi yang harus diisikan pada form yang muncul. Setelah memasukkan kode aktivasi yang benar, account FreeServers kita siap digunakan.

Setelah memasukkan kode aktivasi, biasanya muncul pilihan untuk mulai membuat homepage dari awal (dengan Quick Site Builder), memindahkan situs yang sudah kita buat di tempat lain (menggunakan Site Copier), dan lain-lain. Untuk yang sudah membuat halaman web secara offline, kita akan menggunakan Web Manager. Untuk itu, kita harus login dari awal, kembali ke <http://www.freeservers.com/>, tuliskan nama situs kita (<http://>...), username, dan password lalu klik OK, kita akan memasuki user menu.

Di halaman user menu, klik pada tulisan Easy Web Manager. Sebuah window browser baru akan muncul (pop up). Pada window inilah web manager aktif.

Web manager FreeServers berpenampilan mirip Windows Explorer. Di bagian kiri adalah "drive" penyimpanan homepage kita, di sebelah kanan adalah file-file homepage kita. Untuk meng-upload homepage kita gunakan kotak yang tersedia di bagian kanan bawah (ada 5 kotak), yang dapat kita gunakan untuk meng-upload sampai 5 file sekaligus. Kita tinggal mem-browse satu per satu file yang akan diupload dan klik tombol upload, dan tunggu beberapa saat sampai nama-nama file yang kita upload muncul di web manager sebelah kanan. Yang harus diupload adalah file-file HTML (berekstensi .htm atau .html) dan file-file pendukung (biasanya berupa gambar berekstensi .gif dan .jpg)

Tip dan Trik

  1. Halaman pertama yang akan dibuka oleh browser untuk homepage di FreeServers adalah file main.html yang secara default sudah dibuatkan oleh FreeServers. File ini dapat kita edit dengan mengklik tulisan edit di belakang nama file (file akan diedit dalam format HTML)

  2. Cara lain yang lebih mudah adalah mengganti nama homepage utama kita dengan main.htm atau main.html atau index.htm atau index.html (file index akan dibaca lebih dahulu dibandingkan main).

  3. Untuk memudahkan pengaturan dan perawatan situs web kita, sebaiknya file-file pendukung (gambar .gif, .jpg) dibuatkan satu folder tersendiri (images/pictures/graphics misalnya). Gunakan tombol create directory dan isikan nama directory yang diinginkan (bila lebih dari satu, gunakan spasi). Nama directory tidak boleh mengandung spasi.

  4. Untuk lebih memudahkan mengedit situs web kita, kita sebaiknya membuat folder khusus untuk situs web kita di harddisk (c:/my documents/homepages misalnya) yang strukturnya mirip dengan struktur situs web kita di FreeServers (nama file, subdirectory dll). Ini juga akan memudahkan saat kita akan mengupload dari komputer lain (warnet), kita tinggal mengkopi keseluruhan direktori ke dalam floppy disk.

Menyusun Sebuah Website

Sebuah website yang baik terdiri atas beberapa halaman web yang saling berkaitan, dihubungkan dengan link, dan disusun secara sistematis. Untuk memahami konsep sebuah website, dapat diumpamakan dengan dengan sebuah bangunan, yang pertama kita lihat / kunjungi adalah lobi / ruang tamunya, yang dapat dipersamakan dengan homepage. Selanjutnya kita dapat menuju ke bagian yang kita tuju, seperti ruang makan, ruang duduk, dapur, atau kamar kecil, dan dari masing-masing tujuan itu kita dapat menemukan jalan menuju ruangan-ruangan lain, dan ada jalur untuk kembali ke tempat kita memulai (homepage). Konsep website tidaklah sesederhana itu, bila mau bisa diambil model sebuah kota atau perumahan, dengan gerbang masuknya sebagai homepage yang di situ kita dapat melihat jalur-jalur menuju again tertentu di kota, seperti balai kota, kantor polisi, pertokoan, rumah makan, sekolah, atau tempat hiburan.

Bila kita melihat lebih jauh, setiap halaman web terdiri atas komponen-komponen :

  1. File-file HTML berisi kode-kode HTML yang akan diterjemahkan oleh browser manjadi tampilan satu halaman web seutuhnya. File ini biasanya berakhiran .htm atau .html

  2. File-file image (gambar, foto, icon, banner), yang terpisah dari file HTML dan dapat digunakan secara bersama oleh dua file HTML atau lebih.

  3. File-file aplikasi berupa CGI, ASP, PHP, atau CFML yang berisi kode-kode pemrograman khusus yang menjalankan aplikasi tertentu, seperti form submitting, guestbook, atau database.

  4. File-file animasi dan multimedia dalam format .wav, .mid, .mp3, .ram, Flash, ShockWave, QuickTime, atau .avi yang bisa dijalankan dengan memanfaatkan bantuan plug-in atau aplikasi
    yang khusus menjalankan file-file tersebut.

Ada baiknya sebelum membuat sebuah website kita merencanakan semacam daftar isi dan diagram yang berisi halaman-halaman web dari daftar isi, hirarki, dan keterkaitannya satu sama lain. Hirarki yang dimaksud adalah dengan menempatkan homepage ( halaman muka) pada tingkat teratas dan selanjutnya digambarkan halaman-halaman lain di bawahnya, dan seterusnya ke bawah dengan keterkaitannya dengan tingkat di atasnya.

Beberapa tip dan trik untuk menyusun sebuah website :

  1. Homepage (halaman depan) adalah kesan pertama bagi pengunjung website anda, maka buatlah halaman depan anda semenarik mungkin dan seinformatif mungkin untuk memudahkan pengunjung menjelajahi website anda. Namun harus diingat juga untuk membuat homepage yang cepat diakses agar pengunjung anda tidak bosan menunggu selesainya homepage anda di-load. Dalam arti, pintar-pintarlah mengatur konposisi teks, gambar, animasi, dan multimedia di homepage.

  2. Susunlah website anda secara modular, dalam arti mengelompokkan jenis-jenis file di atas dalam folder-folder tersendiri, misalnya dengan menempatkan semua file HTML di root directory web server anda, file-file gambar dalam folder /images, file animasi dalam folder /anim, dan file multimedia dalam folder /media, dst.

  3. Jangan terlalu banyak memasang file gambar atau multimedia dan animasi dalam satu halaman web, apalagi yang berukuran besar (dalam byte, bukan ukuran). Optimasi file-file gambar anda dengan menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Adobe Photoshop 5.5, Adobe ImageReady, Macromedia FireWorks, JPEG Optimizer, GIF Cruncher, dll. Pilih format .gif atau .png untuk image dengan warna tak lebih dari 256 (8 bit), gambar icon, simbol, divider, border, background, atau image yang warnanya hanya satu yang dominan. Pilih format .jpg untuk gambar-gambar foto yang harus mengandung 16,7 juta warna (24 bit). Untuk tiap satu halaman web, pergunakan maksimum tiga image ukuran sedang atau saat image besar (1/2 halaman). Untuk menampilkan image berukuran besar, pertimbangkan menggunakan thumbnail (preview image yang sama berukuran lebih kecil) yang di-link dengan image sesungguhnya.

  4. Buatlah file template yang berisi background, link-link navigasi, pernyataan copyright, dan layout halaman secara umum untuk memudahkan pembuatan halaman-halaman lain yang sejenis
    dalam satu website. Simpanlah file template ini dalam folder tersendiri.

  5. Buatlah navigasi website anda semudah mungkin, bila perlu dengan gambar (icon) dan tulisan di bawahnya. Buatlah navigasi minimal di dua tempat, di atas dan di bawah halaman. Jika anda menggunakan frame, navigasi dapat ditempatkan pada frame tersendiri, dan harus ada navigasi berupa teks hyperlink, jangan menggunakan gambar/icon untuk semua navigasi karena akan membingungkan pengunjung. Halaman yang hanya menggunakan gambar atau selain tulisan yang langsung terlihat untuk navigasi dinamakan Mystery Meat Navigation.

Link-Link Penting bagi Para Web Designer Pemula

Penyedia Web Hosting Gratis

Sumber Daya Pemrograman HTML dan Desain

Aplikasi Pembuat Website (freeware)

Beberapa Tips untuk Membuat Situs Web Menjadi Lebih ‘Populer’

Rachmat, Eric & Onno W. Purbo

Anda/organisasi Anda memiliki sebuah situs web yang contentnya cukup menarik namun pengunjungnya hanya sedikit? Atau meskipun pengunjung banyak namun mereka tidak terlalu banyak mengeksplor website Anda? Ataupun banyak pengunjung yang tidak betah di website Anda? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Dan uniknya, seringkali yang dibutuhkan hanyalah ide-ide yang cukup sederhana dan mungkin tanpa perlu usaha yang terlalu berat.

Anda tidak perlu menjadi seorang yang super jenius atau super brilian untuk memunculkan ide-ide seperti itu., Anda cukup memiliki kepekaan terhadap dunia internet dan budaya yang ada di dalamnya.
Sebagai seorang pengelola situs web yang baik Anda harus bisa menerima feedback dari para penjelajah situs Anda dan juga harus bisa melihat trend yang ada di dunia luar.

Melalui artikel ini dicoba dimunculkan beberapa ide-ide sederhana yang berasal dari berbagai sumber termasuk dari beberapa pakar web (web designer, web author, dan lain-lain) berdasarkan pengamatan terhadap para penjelajah internet maupun terhadap beberapa website yang ada. Anda dapat memunculkan sendiri ide-ide brilian milik Anda, cukup dengan memperluas wawasan Anda terhadap trend, budaya, dan kemajuan teknologi yang ada di dalam ataupun di luar dunia internet. Lalu tuangkan saja ide Anda itu ke dalam website Anda dan lihat saja hasilnya setelah itu ambil feedback (masukan/kritik/saran/pujian) untuk penyempurnaan lebih lanjut.


Proses Loading Situs Web Harus Cepat

Terkadang suatu situs web yang memiliki content yang menarik ataupun yang memiliki desain yang indah, kurang mendapat perhatian dari penjelajah internet. Itu bisa terjadi bila situs tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk loadingnya (terutama masalah loading image) dan hal ini akan membuat pengunjung situs menjadi bosan.

Para pengguna internet menginginkan informasi yang tersaji dengan cepat. Bayangkan saja betapa bosannya seorang pengunjung web manakala harus menunggu relatif lama untuk dapat mendownload keseluruhan sebuah halaman web. Ia bisa saja mengklik tombol Stop untuk mematikan proses download halaman kemudian mematikan fasilitas auto load image dari browsernya atau malah pindah ke halaman lain yang lebih cepat.

Sepertinya hal tersebut sepele, namun bila tidak diantisipasi maka jerih payah Anda membangun suatu situs yang menarik dan indah akan menjadi usaha yang sia-sia. Karena kendala kecepatan akses inilah maka penerapan teknik desain cetak tradisional termasuk teknik interaktif multimedia pada situs Anda harus dipikirkan dengan matang.

Oleh karenanya, dalam membuat suatu situs perlu diperhatikan pembuatan desain web maupun grafis yang indah tapi dari segi ukuran file-filenya cukup kecil. Hal tersebut perlu dipikirkan untuk mengantisipasi para pengunjung situs yang koneksi internetnya tidak terlalu cepat.

Format file image yang efektif

Salah satu masalah yang berkaitan dengan hal tersebut adalah masalah file image. Dalam dunia web kita bisa melihat proses loading berbagai format file image. Dan diantara format-format yang ada, yang sering digunakan adalah format JPEG dan GIF.

Berkaitan dengan masalah ukuran file dan proses loading maka penggunaan format image yang tepat merupakan syarat utama :

1. Gunakan format GIF bila :

· Gambar Anda banyak berisi area kosong besar dan warnanya datar

· Anda ingin meyakinkan bahwa grafik Anda dapat diterima oleh semua browser dan platform

· Anda ingin membuat area di grafik menjadi transparan.

2. Gunakan format JPEG bila :

Grafik Anda memiliki tonal yang bervariasi

Grafik Anda adalah fotografi penuh warna

Buat beberapa versi dari situs Anda

Saat ini teknologi web berkembang dengan pesat, di satu sisi hal itu memacu para desainer web/web author untuk membuat halaman-halaman web yang semakin indah dan canggih. Namun di sisi lain, hal
itu juga berarti kebutuhan kecepatan akses yang semakin tinggi.

Oleh karena itu, bila Anda mendesain/membuat sebuah situs web dan jika server situs Anda masih memiliki sisa ruang yang cukup besar maka bisa dibuat beberapa versi situs. Misalnya situs versi A untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif cepat (bisa dilihat di bagian selanjutnya) dan situs versi B untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif lambat.
Contoh :

°Beberapa situs menyediakan versi HTML standar dan versi Shocked-nya yang membutuhkan plug-in tambahan dan tentunya kecepatan akses yang lebih cepat. Contoh situsnya adalah : www.fightthefuture.com

°Ada juga yang menyediakan versi text only dan text and images

Gunakan Teknologi Web yang Semakin Canggih

Ada beberapa situs yang dibuat dengan menggunakan bantuan software-software canggih seperti Flash, Dreamweaver ataupun menggunakan teknologi Active X, Dynamic HTML, Java, JavaScript, dan lain-lain. Beberapa diantara situs-situs tersebut memang dimaksudkan untuk menunjukkan kepiawaian pengelola/desainer situs web memasukkan beragam teknologi tersebut ke dalam situs mereka dan ditujukan untuk pengunjung situs yang memiliki koneksi yang cepat ke internet.

Beberapa teknologi web

· Bahasa pemrograman Java yang merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis objek yang dapat diintegrasikan dengan file HTML melalui objek khusus yang disebut applet.

Beberapa keuntungan menggunakan Java :

- merupakan subset dari C++

- bisa dipakai ulang (reusable) dan berorientasi objek

- memungkinkan pembangunan situs yang interaktif

Beberapa kerugian/batasan dari penggunaan Java :

- Masih belum ada standardisasinya

- Masih belum dapat mensuport semua platform

Namun dengan dukungan dari beberapa pabrik browser besar seperti Netscape dan Microsoft maka penggunaan Java akan semakin maju.

Selain Java kita juga mengenal JavaScript, JavaScript merupakan bahasa scripting yang berbeda dengan Java walaupun memiliki struktur bahasa dan konsep eksekusi yang mirip.

Contoh penggunaan Java dan JavaScript : reminder, kalender, shopping cart, kalkulator, dan lain-lain

·
Teknologi CGI yang merupakan mekanisme komunikasi interaktif client-server. Dengan menggunakan CGI maka pengunjung dapat melakukan interaksi dengan situs web secara interaktif. Script CGI dapat dibuat dengan menggunakan Perl, shell Unix, C, ataupun bahasa pemrograman lainnya.

Beberapa keunggulan CGI :

- relatif lebih cepat dari Java

- disupport oleh berbagai platform client dan server

- bisa digunakan oleh client yang menggunakan broser berbasis grafik (Netscape, IE dan lain-lain) ataupun yang berbasis text (lynx pada UNIX)

Kelemahan/batasan CGI :

- menghabiskan relatif lebih banyak waktu proses dibandingkan Java

Contoh penggunaan CGI : search engine, akses database, webmail, eCard, dan lain-lain.
· Teknologi shockwave dari Macromedia, membuat dokumen Director dapat dimainkan pada Web. Director telah biasa dipergunakan, setidak-tidaknya bagi para desainer aplikasi interaktif, yang dipercaya sebagai peranti penciptaan aplikasi multimedia yang mewah. Dengan menggunakan aplikasi Afterburner, programmer director dapat mengompres dan menciptakan dokumen Shockwave yang dapat dilihat dari berbagai browser yang telah diinstall Plug-In Shockwave.

Plug-in

Untuk dapat menikmati teknologi-teknologi web tersebut, tak jarang pengunjung situs harus memiliki plugins khusus untuk browser mereka. Sebagai contoh :

· Untuk menikmati situs-situs yang menggunakan Shockwave dan Flash dari Macromedia maka dibutuhkan plugin Shockwave dan Flash Player yang bisa didapatkan di www.macromedia.com/shockwave/download/

· File-file Real Audio / Video membutuhkan player yang bisa Anda dapatkan di www.real.com

· Untuk melihat/membaca file-file PDF kita bisa mendownload program Adobe Acrobat Reader dari situs Adobe (www.adobe.com/products/) yang tersedia gratis.

Tips

Situs yang baik juga akan menyediakan link bagi pengunjung situs menuju ke tempat download plugins yang dibutuhkan.

Proses loading dari situs-situs web tersebut biasanya memakan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan situs-situs yang ‘biasa’. Disarankan agar dibuat beberapa versi dari situs yang Anda buat seperti telah disebutkan pada bagian sebelumnya.

Berikan Sesuatu yang Gratis untuk Pengunjung Situs Anda

Mencari sesuatu yang gratis/dengan biaya murah merupakan suatu sifat dasar manusia yang tidak bisa dipungkiri. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan popularitas website Anda.

1. Membuat link khusus ke tempat-tempat yang memiliki sesuatu yang gratis.

Hal ini bisa dilakukan untuk membuat website kita lebih menarik tanpa harus membuat suatu produk tertentu. Anda terlebih dahulu harus menentukan barang-barang gratis macam apa yang ingin Anda tampilkan. Setelah itu cari situs yang menyediakan barang-barang tersebut lalu cantumkan alamat situs tersebut dalam situs web Anda. Sebaiknya untuk pencantuman link ini, Anda memberitahu pemilik situs tersebut agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Beberapa contoh barang gratis yang diminati penjelajah internet dan bisa Anda cari situs-situs penyedianya: Manual/On Line eBooks, poster, gambar/icon, music (mp3/midi), movie clip, CD, dan lain-lain.

2. Menyediakan sesuatu yang gratis dari website kita (contoh Intel, Oracle, Sun)

Beberapa situs di internet menawarkan barang-barang gratis milik/produksi mereka sendiri. Hal ini bisa dilakukan untuk media promosi dari suatu perusahaan/organisasi yang memiliki kemampuan keuangan yang sangat baik.

Sebagai contoh :

- Langganan CD Gratis yang bisa berisi shareware, info produk, dan lain-lain. Hal ini sudah dilakukan oleh Intel, Sun, dan lain-lain.

- Langganan Majalah gratis yang berkaitan dengan content situs yang dikelola. Sebagai contoh anda bisa mengunjungi Oracle Magazine (www.oramag.com)

- Katalog dari produk-produk yang ditawarkan. Contohnya adalah www.artrock.com

- Contoh (Sample) produk seperti komponen-komponen elektronik (transistor, op-amp, dan lain-lain), software evaluation version, dan lain-lain.

- Databook yang berguna untuk mencari referensi dari sebuah produk. Contohnya: Intel (www.intel.com) , mereka menyediakan berbagai data mengenai produk mereka seperti mikroprosesor, mikrokontroler, dan lain-lain yang digabung dalam beberapa buku (databook).

3. Sediakan layanan-layanan gratis yang dapat menarik pengunjung sekaligus sebagai media promosi. Ini berkaitan dengan teknologi web yang telah dibahas pada bagian sebelumnya. Contohnya adalah layanan electronics Cards gratis yang masing-masing cardnya bisa berisi link menuju situs Anda.

Buat Isi Homepage Anda Selalu Baru (Update)

Suatu situs web yang baik akan selalu menunjukkan aktivitas updating content yang baik. Dengan semakin seringnya content diperbaharui (ditambah, diganti, dikoreksi, diperiksa link-nya, dan lain-lain) menunjukkan kepada penjelajah situs bahwa memang situs anda adalah situs yang benar-benar terurus.

Hal seperti ini sangat direkomendasikan untuk situs-situs penyedia informasi di mana informasinya itu sering berkembang dalam rentang waktu yang singkat, seperti situs-situs majalah, koran, bursa, dan lain-lain.

Ada berbagai cara untuk melakukan proses update ini :

1. Secara manual : Anda update sendiri halaman-halaman web Anda dengan editor HTML yang ada, kemudian save dan upload

2. Secara otomatis : Anda bisa menggunakan teknologi web yang telah ada untuk mempermudah proses updating misalnya menggunakan CGI atau teknologi lainnya sehingga memudahkan pengelola situs untuk terus memperbaharui situsnya.

Menambahkan feature-feature yang menarik.

Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal maka Anda dapat membuat suatu layanan/feature khusus dari situs web Anda yang dapat menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan fasilitas/layanan yang disediakan kemudian membuat mereka penasaran untuk mengeksplorasi lebih lanjut situs web kita.

Beberapa contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter, dan lain-lain.

Ada beberapa cara untuk membuat pengunjung tertarik dengan situs web kita:

- link dari search engine/situs lain diarahkan menuju halaman utama dari situs kita, sehingga memaksa pengunjung untuk mengeksplorasi situs kita lebih lanjut.

- link dari search engine/situs lain langsung diarahkan menuju halaman yang berisi fasilitas yang ditawarkan. Dan dari setiap layanan yang diberikan, pengunjung ‘dibujuk’ untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. ‘Bujukan’ itu sendiri bisa berupa beberapa preview image yang menarik, banner, dan lain-lain.

Iklan Website.

Agar situs web Anda dapat dikenal maka Anda harus melakukan promosi mengenai web Anda. Ada banyak cara, diantaranya :

1. Daftarkan search engine yang paling banyak diakses (contoh : yahoo, altavista, infoseek, dan lain-lain).

2. Bisa juga melakukan promosi melalui produk, majalah, katalog, eCards, layanan webmail, banner, dan lain-lain.

3. Selain itu Anda bisa juga menggunakan sarana IRC jika memang diijinkan, memungkinkan, dan sesuai dengan isi/tema dari channel IRC tersebut.

Penutup

Contoh-contoh di atas merupakan beberapa contoh ide yang bisa dimunculkan untuk membuat web Anda lebih ‘populer’. Dan penulis yakin bahwa banyak di antara pembaca yang bisa memunculkan ide yang jauh lebih baik dan orisinil. Akhir kata, semoga Anda bisa bekarya dengan lebih baik lagi dan membuat dunia internet Indonesia lebih semarak.

Baca juga

FAQ
Tips Dreamweaver 4
Frontpage 2000 (buka menggunakan Adobe acrobat reader ( Download dari http://www.adobe.com/ )
Frontpage
Sumber gratisan untuk pembuatan situs
Designing a Church website
Web marketing checklist for ministry
Download Center



Rabu, 12 Maret 2008

Daftar Situs TOP

TOP SITE 2007

The Firmware Page http://forum.rpc1.org/portal.php

www.tabloidpcplus.com

nLite http://fileforum.betanews.com/sendfile/1087118197/1/nlite-0.99bi.exe

DotNet download.microsoft.com/download/a/a/c/aac…/dotnetfx.exe versi 2.0

www.percikan-iman.com

www.neotek.co.id

redaksi@tabloidpulsa.co.id

Power color www.tul.com.tw

Rekayasa perangkat Lunak

  • Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 5th Edition, McGraw Hill.

  • http://encyclopedia.thefreedictionary.com

  • http://www.informatics.edu.my/q-a/adcs/html/December99/se203_d99q2s.htm

  • http://en.wikipedia.org

  • http://foldoc.doc.ic.ac.uk

  • http://www.webopedia.com

  • http://www.sony-ak.com

N-Gage

Database

  • Kort and Silbershartz “Database system Concept” 4th edition

  • Data, C.J. “An Introduction to database system” 7th edition

Jarkom

Sistem Mulitimedia

Java

Balanced ScoreCard

  • BSC, R.Kaplan & Norton

  • BSC, Mulyadi

  • BSC, Amin M

MOS

http://www.microsoft.com/learning/mcp/officespecialist/objectives/access2003.asp


Mobile Game

E-book

Jumat, 22 Februari 2008

Artikel Tentang Dunia Komputer

Perkembangan Sistem Komputer

by Jack Febrian


Kenapa ini harus dipelajari? :)


*Tujuannya adalah untuk membuat kita lebih mengerti dari mana asalnya teknologi yang kita gunakan sekaran
*Beberapa teknologi yang sudah dianggap kuno, tapi masih digunakan,
*Dengan mengetahui dari mana asal dan perkembangan teknologi tersebut akan lebih mempermudah kita untuk memprediksikan apa yang akan terjadi ke depan
*Menarik untuk dicermati!
Evolusi

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.

Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.

1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Generasi Komputer

Awal generasi komputer dimulai semenjak komputer yang diciptakan oleh manusia mulai menggunakan konsep stored program pada tahun 1946.

Meskipun sebelumnya sudah bermunculan berbagai jenis komputer, seperti komputer analog pada tahun 1931 oleh Dr. Vannevar Bush di Massachussetts Institute of Technology). Lalu komputer digital elektronik pertama oleh John V Atanasoff yang diselesaikannya pada tahun 1942, komputer-komputer tersebut merupakan pendorong lahirnya komputer generasi pertama.

Generasi Mainframe

Tahun 1946 merupakan awal generasi pertama dari komputer, dimulai dengan dibuatnya ENIAC (electronic Numerical Integrator And Calculator). Komputer pada zaman ini memiliki ribuan tabung hampa untuk satu komputernya, ukuran fisik yang cukup besar, dan membutuhkan tempat yang cukup luas. Umumnya komputer ini digunakan untuk menghitung ketepatan tembakan. Mau tahu cara memprogram komputer ini? Yaitu dengan menghubungkan dan memotong kabel dan serta menggunakan kontak-kontak.

Komputer pada generasi ini masih lambat prosesnya, dan memakan listrik yang cukup tinggi, serta daya simpan masih sedikit. ENIAC sendiri pada waktu itu membutuhkan tempat lebih dari 500 m2, dan menggunakan tabung hampa. ENIAC bukan satu-satunya komputer pada generasi ini. Disamping ENIAC masih ada komputer lain yang muncul, diantaranya yaitu:


*EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer), yang merupakan komputer dengan stored program yang pertama. Komputer ini dibuat oleh ahli matematika John von Neumann dan teamnya. Komputer ini dibuat semenjak pertengahan tahun 1940 dan dioperasikan pada tahun 1949 di Cambridge University, Inggris.
*ACE (Automatic Calculating Engine) yang dibuat oleh Alan M Turing semenjak tahun 1945, komputer ini telah menerapkan penggunaan kartu plong sebagai media untuk input dan output-nya .
*SEC (Simple Electric Computer) merupakan komputer yang menggunakan drum magnetik sebagai penyimpan memorinya. Komputer ini dibuat pada tahun 1950 di Electric Computer Laboratory of Birkbeck College, University of London.
*LEO (Lyon Electronic Office), tahun 1951, merupakan komputer komersial pertama di Inggris.
*EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), tahun 1952, merupakan komputer stored program pertama yang dibuat oleh Amerika.
Generasi Minicomputer

Komputer pada generasi ini merupakan penyempurnaan dari komputer generasi sebelumnya. Bahasa yang digunakan tidak lagi murni bahasa mesin, namun sudah menggunakan bahasa tingkat tinggi, lebih memudahkan dalam pembuatan programnya. Komponen yang digunakan sudah mulai menggunakan transistor sehingga mampu membuat ukuran komputer tersebut jauh lebih kecil dibandingan dengan komputer pada generasi pertama. Generasi ini merupakan generasi munculnya minicomputer , dan harganya pun jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Komputer yang masuk pada generasi ini adalah:


*PDP-1, yang diproduksi oleh DEC (Digital Equipment Corporation) yang dikenalkan pada tahun 1959,
*PDP-5, merupakan komputer mini pertama,
*UNIVAC III,
*IBM 7070
Generasi Microcomputer

Generasi ini ditanda dengan digunakannya IC (Integrated Circuit) yang mampu menampung beberapa komponen elektronik sekaligus dalam ukuran yang sangat kecil, tentunya dengan hal ini membuat ukuran komputer juga langsung jauh lebih kecil dari komputer generasi sebelumnya, begitu juga dengan penggunaan listrik yang turun drastis. IC sendiri dibuat pertama kali oleh Jack Kilby pada tahun 1958. Komputer yang muncul pada generasi ini diantaranya adalah IBM S/360 yang merupakan komputer generasi ketiga yang pertama. Selain itu juga UNIVAC 1108, NCR seri Century, dlsb.

Inovasi yang penting pada generasi ini adalah software compatibility , antar beberapa mesin.

Generasi Internet dan Web

Generasi ini dimulai semenjak tahun 1970, pengunaan Large Scale Integration (LSI) . Pada masa ini bermunculanlah komputer makro (macro computer). Intel mengeluarkan prosesor pertama di dunia yang dikenal dengan Intel 4004 pada tahun 1971. Pada tahun 1977, Apple mengeluarkan personal computernya yang pertama. Generasi ini telah memungkinkan sebuah komputer tanpa software di dalamnya, dan software tersebut harus diprogram dengan menggunakan bahasa assembly.

Perkembangan yang terjadi tidak hanya pada mesin komputer itu sendiri, namun juga beranjak kepada jaringan antar komputer. Local Area Network mulai diimplementasikan pada banyak tempat, dan Departemen pertahanan Amerika pun mulai menggunakan Internet Protocol .

Generasi Pervasive Computing

Generasi ini merupakan generasi yang mulai meninggalkan penggunaan komputer desktop. Berbagai teknologi ditemukan untuk mengimplementasikan komputer yang menyatu dengan teknologi lainnya, dalam ukuran yang sangat kecil, dan kemampuan yang cukup pintar. Dimana pada generasi ini, seseorang tidak lagi menggunakan komputer sambil duduk dikursi dan menghadap ke komputer di atas mejanya, karena komputer telah bergabung dengan berbagai perangkat seperti palmtop , handphone , dll. Teknologi ini pun telah mampu menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan menggunakan jalur internet.

Generasi Changing Economics of Computing

Pada generasi ini terjadi perubahan ekonomi dari bidang komputasi. Kalau dahulu harga komptuter begitu tingginya, karena ukuran, kemampuan dlsb, pada saat ini harga prosesor, memori dan perangkat lainnya sangat murah. Ditambah dengan diimplementasikannya bioteknologi atau bioinformatik. Dimana pada masa sebelumnya suatu teknologi dianggap belum memungkinkan, pada masa ini sesuatu yang belum mungkin bisa menjadi mungkin. Termasuk keinginan para informatikawan untuk membuat komputer yang lebih bersifat manusia yang mampu mengembangkan dirinya sendiri sesuai dengan kemampuan teknologi pada saat itu.

Selasa, 19 Februari 2008

BERITA DUNIA KOMPUTER

Software Pintar Menganalisa Bahasa Anjing

Para ilmuwan asal Hungaria berhasil menciptakan sebuah program komputer yang memungkinkan manusia untuk mengerti arti dari salakan atau gonggongan anjing kesayangan mereka.(18/2)

Piranti lunak atau software itu dapat menganalisa gonggongan, lolongan, erangan dan suara-suara khas lain yang dihasilkan oleh anjing, demikian lansir the BBC.

Setelah menganalisa sekitar 6,000 gonggongan, software tersebut akan menentukan kapan seekor anjing melihat bola, berkelahi, bermain, bertemu orang asing atau kapan ia ingin diajak jalan.

Namun para ahli mengakui bahwa teknologi tersebut hanya sedikit lebih unggul daripada kemampuan manusia. Sementara komputer itu dapat dengan benar mengenali emosi anjing -sekitar 43 persen-, hasil yang dianalisa oleh manusia hampir mencapai 40 persen.

Csaba Molnar, dari Universitas Eotvos di Budapest, menuturkan kepada BBC, "Dengan bangga saya nyatakan bahwa kami berhasil membuktikan adanya perbedaan di antara gonggongan anjing kesayangan Anda.

"Namun tentunya kami masih harus banyak mempelajari dan melakukan penelitian sehubungan dengan salakan dan lolongan."

Jumat, 15 Februari 2008

ARTIKEL TENTANG WINDOWS

Windows

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Sejarah Windows

Artikel utama: Sejarah Microsoft Windows

Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terahkir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

Versi-versi Windows

Sudah dirilis

ARTIKEL TENTANG SISTEM OPERASI

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Pendahuluan

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.


Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu, tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti itu disebut sebagai Multi-tasking Operating System. Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS.

Layanan inti umum

Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.

Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.

Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain.

Sistem Operasi saat ini

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Proses

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.

Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.

Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.

Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).

Status Proses

Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:

  1. Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
  2. Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
  3. Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas.